INSTAGRAM

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 08 Oktober 2019

Model Pembelajaran inquiry / Dina Nurhayati

Pada kali ini saya mengambil judul dalam pembahasan Model Pembelajaran inquiry Definisi pertama Pembelajaran Inquiry adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan” (Sanjaya, 2006:194). Definisi kedua Menurut piaget (mulyasa, 2008:108) bahwa model pembelajaran inquiry adalah model pembelajaran yang mempersiapkan siswa pada situasi untuk melakukan eksperimen sendiri secara luas agar melihat apa yang terjadi, ingin melakukan sesuatu, mengajukan pertanyaan-pertanyaan, dan mencari jawabannya sendiri, serta menghubungkan penemuan yang satu dengan penemuan yang lain, membandingkan apa yang ditemukannya dengan yang ditemukan siswa lain. Definisi ketiga model pembelajaran inquiry adalah suatu strategi yang berpusat pada siswa dimana kelompok-kelompok siswa dihadapkan pada suatu persoalan atau mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan di dalam suatu prosedur dan struktur kelompok yang digariskan secara jelas (Oemar Hamalik, 2012:63). Definsi keempat Pembelajaran dengan model inkuiri pertama kali dikembangkan oleh Richard Suchman tahun 1962 (Joyce, 2000). Ia menginginkan agar siswa bertanya mengapa suatu peristiwa terjadi, kemudian ia mengajarkan pada siswa mengenai prosedur dan menggunakan organisasi pengetahuan dan prinsip-prinsip umum. Definisi kelima odel inkuiri berarti suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga siswa dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri (Gulo, 2002:84). Berdasarkan definisi diatas dapat saya simpulkan bahwa Model Inquiry adalah Strategi pembelajaran inquiry menyatakan bahwa guru sebagai sumber belajar bukanlah yang satu-satunya, masih banyak lagi sumber belajar yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran. Guru hanyalah sebagai fasilitator, pembimbing yang selalu mengarahkan siswa dalam pembelajaran. Siswa didesain sebagai penemu atau mencari pengetahuan itu, tugas seorang guru dalam mengelola siswa agar mendapatkan pengetahuan dan menjadi bermakna. Karena dengan bermakna pengetahuan akan masuk kedalam pengetahuan mereka, sehingga akan selalu terkenang oleh siswa. Siswa yang melakukan semuanya guru hanya menyiapkan, karena murid yang melakukan maka pembelajaran akan menjadi pengalaman yang bermakna untuk siswa. Terdapat permasalahan yang ada, yaitu : 1. kurangnya peran pendidik dalam pembelajaran karena menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Materi pelajaran tidak diberikan secara langsung, peran siswa dalam strategi ini adalah mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan membimbing siswa untuk belajar. Dengan kata lain untuk siswa yang pintar maka akan cepat dan mengerti dalam pembelajaransehingga dapat membuat peserta didik kurangnya memahami materi. Dari permasalahan diatas dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dapat membuat peserta didik lebih aktif dan mandiri dan jika pendidik tidak dapat hadir langsung dalam pembelajaran dikelas dapat melakukan elarning dengan pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer,jaringan komputer dan/atau Internet. Pertanyaan : 1. Apa yang dimaksud dengan model inquiry 2. apa kelebihan dari inquiry 3. apa kekurangan dari inquiry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot